Gereja-Gereja di Pakistan Dibakar Akibat Tuduhan Penistaan Agama
Sumber: sindonews.com

News / 18 August 2023

Kalangan Sendiri

Gereja-Gereja di Pakistan Dibakar Akibat Tuduhan Penistaan Agama

Bella Tiurma Official Writer
1165

Sebanyak delapan gereja di Provinsi Punjab, Pakistan, menjadi sasaran serangan pembakaran dan kerusuhan. Insiden ini terjadi setelah muncul tuduhan penistaan agama yang memicu kekerasan di wilayah tersebut. 

Peristiwa yang terjadi di Kota Jaranwala, dalam distrik Faisalabad, setelah dua pria Kristen diduga merobek halaman Al-Qur'an, membuangnya ke tanah, dan meninggalkan komentar menghina di beberapa halaman lainnya. Tuduhan ini mengakibatkan munculnya aksi protes dan kemarahan dari sejumlah individu Muslim. 

Kerusuhan ini bermula ketika massa marah dan menyerang gereja-gereja serta rumah-rumah milik orang Kristen di kota tersebut. Reaksi berlebihan ini menyebabkan beberapa anggota komunitas minoritas Kristen melarikan diri dari rumah mereka demi keselamatan. 

Akmal Bhatti, seorang pemimpin Kristen, melaporkan bahwa massa tersebut merusak dan membakar beberapa gereja, termasuk Gereja Katolik, Gereja Bala Keselamatan, dan Gereja Pantekosta di Jaranwala. Tak hanya gereja, beberapa rumah di Koloni Kristen juga menjadi sasaran pembakaran dan kerusakan. 

Rekaman video yang beredar di media sosial menunjukkan asap mengepul dari gedung gereja yang terbakar dan beberapa furnitur yang diambil dari dalamnya. 

Dalam beberapa insiden, polisi dikabarkan hanya menyaksikan kekerasan tanpa campur tangan untuk menghentikannya. Namun, pada akhirnya, polisi menggunakan tembakan peringatan dan pentungan untuk mengendalikan kerumunan. 

Sejumlah individu yang diduga terlibat dalam kerusuhan tersebut telah ditangkap oleh pihak berwenang. Otoritas setempat telah menerapkan perintah larangan sesuai dengan Pasal 144 Hukum Acara Pidana Pakistan, dan pasukan paramiliter Punjab Rangers dikerahkan untuk menjaga ketertiban dan perdamaian. 

Menanggapi situasi ini, Pemerintah Provinsi Punjab mengeluarkan arahan untuk melakukan penyelidikan tingkat tinggi atas kejadian tersebut. 

Mari kita bersatu hati untuk mendoakan saudara kita yang berada di Pakistan kiranya peristiwa ini dapat diselidiki hingga tuntas dan tidak ada korban jiwa atas aksi pembakaran tersebut. Serta kita dapat kembali hidup berdampingan dengan damai dan kasih Yesus.

Sumber : medcom.id | sindonews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami